By 07.35.00



 WELCOME YAYASAN PENGASIH INSAN KARIMAH  DIVISI NARKOBA

Masalah Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan zat adiktif lainnya (NARKOBA) dalam beberapa tahun terakhir ini menunjukan kecenderungan peningkatan yang sangat pesat, baik kualitas maupun kuantitas.
Masalah tersebut telah menimbulkan banyak korban, terutama kalangan muda yang termasuk klasifikasi usia produktif. Masalah ini juga bukan hanya berdampak negatif terhadap diri korban/pengguna tetapi lebih luas lagi berdampak negatif terhadap kehidupan keluarga dan masyarakat, perekonomian, kesehatan nasional (HIV dan Hepatitis), mengancam dan membahayakan keamanan, ketertiban, bahkan lebih jauh lagi mengakibatkan terjadinya biaya sosial yang tinggi dan generasi yang hilang.
Masalah pemulihan dalam penyalahgunaan NARKOBA bukan persoalan yang mudah. Dibutuhkan waktu yang panjang, usaha yang serius dan disiplin yang tinggi bagi penyalahguna untuk dapat bertahan bebas zat (abstinensia) dan berfungsi kembali di dalam masyarakat dan keluarga.
Program rehabilitasi merupakan serangkaian upaya yang terkoordinasi dan terpadu, terdiri atas upaya-upaya Medis, Bimbingan Mental dan Spiritual, Psikososial, Pendidikan dan latihan vokasional untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri, kemandirian dan menolong diri sendiri serta mencapai kemampuan fungsional sesuai dengan potensi yang dimiliki, baik fisik, mental, sosial, dan ekonomi. Pada akhirnya mereka diharapkan dapat mengatasi masalah penyalahgunaan NARKOBA dan kembali berinteraksi dengan masyarakat secara wajar.

You Might Also Like

0 komentar